ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL PADA POSTER IKLAN “TEH PUCUK HARUM”

 Pendahuluan

Teh Pucuk Harum merupakan perusahaan minuman yang didirikan oleh PT Mayora Indah Tbk atau singkatnya Mayora. Sejak memproduksi produk tersebut berbagai macam strategi yang dilakukan oleh perusahaan dari PT Mayora ini, salah satu strategi untuk memproduksinya dengan memilih media iklan poster. Selain harus bisa menyampaikan pesan dengan tepat kepada khalayak yang ditujunya, sebuah poster juga harus terlihat menarik dan harmonis. Didalam ilmu desain grafis kesinambungan antara elemen yang satu dengan elemen yang lain harus diperhatikan, ketepatan pemilihan elemen visual juga sangat penting agar khalayak tidak multitafsir yang berujung pada tidak sampainya pesan yang ingin dituju, atau terjadinya kesalahpahaman terhadap poster

Isi

1. Ikon 

Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sehingga dapat dikenali oleh pemakainya (Budiman, 2004). Persepsi manusia berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan ikon ini, ikon untuk ilustrasi pada poster iklan ini menampilkan botol dari kemasan minuman teh ini sebagai titik fokusnya, sedangkan ikon untuk tipografi terdapat tulisan “Teh Pucuk Harum” dengan huruf latin pada tulisan teh memberikan kesan kenikmatan, dan huruf kapital pada tulisan “HARUM” disini bahwa minuman teh dalam kemasan ini memiliki aroma harum teh yang memiliki cita rasa berkualitas dan tinggi. 

2. Indeks 

Indeks adalah tanda yang berkaitan dengan hal kasual-mewakili sumber acuan dengan cara mengaitkannya secara eksplisit atau implisit (Danesi, 2010). Indeks warna pada poster iklan ini tidak terlihat, indeks ilustrasi pada sampul ini adalah botol kemasan Teh Pucuk Harum yang diletakkan miring, masih terkait dengan indeks, indeks tipografi pada poster iklan ini adalah tulisan “Teh Pucuk Harum” merupakan indeks yang berkaitan dengan produk yang ingin diiklankan, selain itu juga terdapat tagline yang bertulisakn “rasa teh terbaik ada dipucuknya” yang mendakan bahwa minuman ini memiliki kualitas terbaik dengan menggunakan daun teh muda yang terletak di ujung pohon sebagai bahan dasar pada produk ini. 

3. Simbol 

Simbol adalah sebuah tanda, atau sebuah kata, yang digunakan untuk saling mengenali dan dengan arti yang sudah dipahami (Dillistone, 2002, p. 21). Simbol yang muncul adalah terkait adanya tulisan “Teh Pucuk Harum” merupakan bentuk penanda yang diberikan oleh desain poster iklan the pucuk ini, dengan tujuan agar menjadi center point menyampaikan pesan pada tipografi bila pesan dari gambar tidak bisa dipahami, sedangkan simbol lain yang muncul adalah adanya daun teh sebagai gambaran bahwa yang ingin dipasarkan adalah produk minuman teh, sedangkan gambar es batu dalam gelas yang terdapat pada kemasan botol menggambarkan bahwa minuman ini lebih nikmat dikonsumsi saat dingin. 

4. Ilustrasi 

Ilustrasi merupakan representasi visual dari sebuah naskah, baik itu konsep cerita dan bentuk gagasan ide ataupun naskah tercetak untuk keperluan tertentu (Maharsi, 2016, p. 16). Visual yang terdapat pada poster iklan Teh Pucuk Harum adalah produk itu sendiri di mana terdapat minuman teh dalam kemasan yang menjadi ikon pada poster tersebut, terdapat pula gambar es batu dan embun es yang terdapat pada botol yang menggambarkan bahwa minuman teh ini lebih nikmat diminum saat dingin, dan tidak lupa terdapat ilustrasi daun teh yang menggambarkan kesejukan di setiap tegukan saat meminum teh dalam kemasan ini. Selain itu juga sebagai tanda bahwa produk yang dipasarkan adalah minuman teh dalam kemasan yang memiliki kualitas terbaik. 

5. Tipografi 

Tipografi digunakan untuk menuntun pemahaman pembaca terhadap pesan atau gagasan sumber dan sebagai penyampaian pesan bahwa sesuatu ingin disampaikan kepada orang lain (Sudiana, 2001). Tipografi di sini terdapat pada nama produk yaitu “Teh Pucuk Harum” di mana sebagai pengenal bahwa produk yang dijual adalah minuman teh dalam kemasan. Kedua terdapat pada tulisan “rasa teh terbaik ada dipucuknya” di mana pada tulisan tersebut sudah jelas sebagai tagline karena terdapat arti yang menjelaskan bahwa teh terbaik terdapat di pucuk dari teh tersebut dan Teh Pucuk Harum ini menggunakan daun terbaik tersebut untuk dijadikan teh agar minuman teh yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi.

Kesimpulan

Dari hasil analisis yang sudah didapatkan dengan menggunakan metode semiotika ini iklan poster Teh Pucuk Harum, tujuan yang utama adalah mengenalkan produk andalannya yakni minuman teh pada kemasan, lalu berikutnya adalah untuk memperkuat agar produk yang mereka pasarkan dapat dibeli oleh masyarakat. Selain itu, terdapat tagline “Rasa Teh Terbaik Ada Dipucuknya” yang semakin memperkuat bahwa produk yang mereka pasarkan adalah produk minuman teh dalam kemasan yang memiliki cita rasa khas dan paling unggulan, makna iklan sesungguhnya dalam iklan Teh Pucuk Harum ini yaitu menumbuhkan rasa alami dan mengembalikan kesegaran diri setelah mengkonsumsi Teh Pucuk Harum. Dalam penelitian komunikasi visual mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna. Maka dari itu kode kebudayaan yang tersirat dalam poster juga diarahkan untuk memberi pengaruh yang berhubungan dengan gaya hidup, etika, dan estetika jadi tidak asal dalam membuat sebuah iklan poster.

Comments

Popular posts from this blog

Review Jurnal menggunakan Teori Ilmiah

Latar Belakang Influencer di Channel Youtube Pandji Pragiwaksono